Abstract:
Dalam memutuskan pembelian, konsumen dipengaruhi oleh beberapa variable
antara lain Strategi pemasaran berbasis ICT, Kualitas Produk, dan Harga, untuk itu
dibutuhkan suatu penelitian seberapa besar pengaruh variable–variable tersebut
terhadap keputusan pembelian konsumen pada Pusat oleh-oleh Keripik Rumah
Adat Minang Kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh Strategi pemasaran berbasis ICT, Kualitas Produk, dan
Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Pusat oleh-oleh Keripik
Rumah Adat Minang Kota Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuantitatif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen
Pusat oleh-oleh keripik Rumah Adat Minang Kota Medan dan sampel penelitian ini
sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunkan angket (Quesioner) kemudian diuji menggunakan Uji Validitas dan
Uji Reliabilitas. Teknis analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik (Uji
Normalitas, Multikolinearitas, Heterokoditas, Autokolerasi), analisis Regresi
Linear Berganda kemudian Uji Hipotesis (Ujit & UjiF) dan Koefisien Determinasi
( R-Square). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software
IBM SPSS Statistic 29. Hasil penelitian menunjukan terdapat tidak berpengaruh
signifikan Strategi Pemasaran Berbasis ICT terhadap keputusan pembelian yang
dengan hasil thitung > ttabel ( 8,791 > 1,985) dengan angka signifikan 0,001 < 0,05,
ada pengaruh dan signifikan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian dengan
hasil thitung > ttabel (2,292 > 1,985) dengan angka signifikan 0,024 < 0,05, ada
pengaruh dan signifikan Harga terhadap keputusan pembelian dengan hasil thitung >
ttabel (12,425 > 1985) dengan angka signifikan 0,001< 0,05. Simpulan hasil
penelitian ini Strategi pemasaran berbasis ICT tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen pada pusat oleh-oleh keripik rumah adat
minang, Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen pada pusat oleh oleh keripik rumah adat minang, Harga berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian pada pusat oleh-oleh keripik rumah adat
minang Kota Medan.