Abstract:
Iklan merupakan salah satu bentuk media untuk kegiatan pemasaran sekaligus
kegiatan komunikasi. Iklan telah membentuk dan mendefinisikan masyarakat
dalam keputusan, dan keputusan dimana semua periklanan bersaing satu sama lain
untuk mendapatkan simpati publik. Iklan ini bercerita tentang seorang anak yang
yang sedang mengalami pertemanan yang tidak sehat serta mengenai sebuah
dukungan berbentuk kepedulian untuk membangun sebuah pertemanan yang sehat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana makna pesan
moral dalam iklan layanan masyarakat “Pertemanan Sehat” melalui pendekatan
semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana membangun sebuah pertemanan sehat yang dapat memberikan nilai
untuk masyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Analisis data dalam film ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis
semiotika Roland Barthes, dimana analisis penelitian ini menekankan pada
pencairan makna denotasi,konotasi,dan mitos. Hasil yang diperoleh peneliti
berkaitan dengan makna pesan moral dalam iklan layanan masyarakat “Pertemanan
Sehat“ peneliti menemukan adanya nilai moral yang sangat tinggi terhadap
kepedulian terhadap sesama, serta kerendahan hati yang dimiliki untuk saling
tolong menolong.