dc.description.abstract |
Dalam hal keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara
lain: harga, physical evidence dan kepuasan konsumen. Hal ini juga dilakukan
oleh mahasiswa pada RUSUNAWA UMSU. Untuk itu dibutuhkan suatu
penelitian seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan
tinggal mahasiswa dengan kepuasan mahasiswa pada RUSUNAWA UMSU.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan
physical evidence terhadap keputusan tinggal mahasiswa dengan kepuasan
mahasiswa pada RUSUNAWA UMSU. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa yang tinggal di RUSUNAWA UMSU. Sampel
penelitian ini sebanyak 160 responden menggunakan sampel jenuh. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner lalu di uji menggunakan uji validitas
dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis model struktural (r square & f-square) dan mediation effect (direct effect, indirect effect & total
effect). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software structural
equation model partial least square (SEM-PLS) menggunakan SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian (non sig = 0,822 > 0,05), ada pengaruh physical evidence
terhadap keputusan pembelian (sig = 0,000 < 0,05), ada pengaruh harga terhadap
kepuasan konsumen (sig = 0,000 < 0,05), ada pengaruh physical evidence
terhadap kepuasan konsumen (sig = 0,000 < 0,05), ada pengaruh kepuasan
konsumen terhadap keputusan pembelian (sig = 0,039 < 0,05), ada pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian dimediasi kepuasan konsumen (sig = 0,043 <
0,05), tidak ada pengaruh physical evidence terhadap keputusan pembelian
dimediasi kepuasan konsumen (non sig = 0,065 > 0,05). Kesimpulan penelitian :
tidak ada pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh
signifikan physical evidence terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh
signifikan harga terhadap kepuasan konsumen, ada pengaruh signifikan physical
evidence terhadap kepuasan konsumen, ada pengaruh signifikan kepuasan
konsumen terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh harga terhadap keputusan
pembelian dimediasi kepuasan konsumen, tidak ada pengaruh physical evidence
terhadap keputusan pembelian dimediasi kepuasan konsumen pada mahasiswa
RUSUNAWA UMSU. |
en_US |