Abstract:
Komunikasi persuasif merupakan proses komunikasi yang bertujuan untuk
mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang baik secara verbal maupun
non verbal. Pasar tradisional pulo brayan merupakan salah satu tempat bertemunya
penjual dan pembeli dengan transaksi secara langsung serta adanya proses tawar –
menawar. Pasar ini berdiri sejak tahun 70an hingga sekarang. Namun beberapa
tahun belakangan ini, pasar tradisional pulo brayan mengalami penurunan minat
beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan Strategi
Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian
ini menggunakan teknik pengumpulan data dari berbagai macam sumber, yaitu
observasi, wawancara, serta dokumentasi gambar / foto yang sudah dituliskan
dalam catatan lapangan. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah
penyeleksian data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
yang diperoleh dari penelitian ini ialah penjual kurang memahami komunikasi
persuasif untuk melakukan proses jual – beli dan ditemukan bahwa strategi
komunikasi persuasif yang digunakan oleh penjual di pasar tradisional pulo brayan
tidak sesuai kajian yang ada didalam komunikasi persuasif.