Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Pada Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Komunikasi Kelas V SDN 101744 Desa Klambir

Show simple item record

dc.contributor.author Ritonga, Windy Anggi
dc.date.accessioned 2023-11-16T10:30:42Z
dc.date.available 2023-11-16T10:30:42Z
dc.date.issued 2023-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22041
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi siswa dengan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran PKN Kelas V SDN 101744 Desa Klambir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas V-A SDN 101744 Desa Klambir yang berjumlah 15 laki laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Peningkatan komunikasi siswa dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu sebesar 46,15% dan pada siklus II sebesar 92,31% yang berarti terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 46,16%. Nilai rata-rata pada komunikasi siswa berdasarkan lembar observasi pada siklus I yaitu sebesar 52,42% dan pada siklus II yaitu sebesar 83,03% terjadi peningkatan yang baik sebesar 30,61%. Pada siklus I siswa yang memiliki kemampuan dikategori ≤ cukup sebanyak 2 siswa dan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan dikategori ≤ cukup 32 siswa. Peningkatan komunikasi siswa perkelas dari siklus I dan siklus II yaitu sebanyak 30 siswa. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan komunikasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share di SDN 101744 Desa Klambir. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Pada Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Komunikasi Kelas V SDN 101744 Desa Klambir en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account