Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi siswa
dengan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran PKN
Kelas V SDN 101744 Desa Klambir. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan II siklus. Dengan subjek
penelitian siswa kelas V-A SDN 101744 Desa Klambir yang berjumlah 15 laki laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini
adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Peningkatan komunikasi siswa dapat dilihat
dari perolehan data pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis menunjukan bahwa
nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu sebesar 46,15% dan pada siklus II
sebesar 92,31% yang berarti terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar
46,16%. Nilai rata-rata pada komunikasi siswa berdasarkan lembar observasi pada
siklus I yaitu sebesar 52,42% dan pada siklus II yaitu sebesar 83,03% terjadi
peningkatan yang baik sebesar 30,61%. Pada siklus I siswa yang memiliki
kemampuan dikategori ≤ cukup sebanyak 2 siswa dan pada siklus II menunjukkan
bahwa siswa yang memiliki kemampuan dikategori ≤ cukup 32 siswa.
Peningkatan komunikasi siswa perkelas dari siklus I dan siklus II yaitu sebanyak
30 siswa. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan komunikasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think
Pair and Share di SDN 101744 Desa Klambir.