Abstract:
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi pelaku
Umkm Cemara Agromart terhadap penggunaan E-Commerce pertanian di
Kabupaten Deli Serdang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif
menyajikan gambaran yang utuh tentang fenomena atau realitas sosial di lapan
gan dan menampilkan hasil data apa adanya tanpa adanya manipulasi atau
pengolahan lainnya.
Hasil penelitian ini menunjukan berdasarkan analisa persepsi Rata-rata
persepsi responden berada pada kriteria Baik dengan skor indeks sebesar 76,66%.
Skor indeks sebesar 78,92% menunjukkan bahwa perkembangan e-commerce
sangat baik dan berdampak positif bagi pertumbuhan UMKM, menurut
responden.
Dari hasil riset terdapat hubungan penting nilai Sig antara berbagai
manfaat e-commerce dengan perkembangan usaha Cemara Agromart. Lebih besar
dari itu yaitu 0,14 > 0,05, dan variabel pengembangan e-commerce oleh
pengembangan UMKM di lapangan penelitian disebabkan oleh nilai Sig. Kurang
dari itu yaitu 0,047 < 0,05 dengan tingkat kepercayaan 95%