Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar
siswa, kurangnya penggunaan model pembelajaran pada saat pembelajaran oleh
guru sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan berfikir kreatif siswa.
Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu adakah pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan berpikir
kreatif siswa kelas III SDN 091590 Serbelawan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran kooperative tipe think talk
write terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 091590
Serbelawan. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas III SDN 091590 Serbelawan yang berjumlah 60 orang Siswa.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Tes keterampilan
Menganalisis yang berjumlah 10 soal berbentuk essay yang sudah diuji validitas.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar
61,17 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 75,67 dengan menggunakan
model pembelajaran kooperative tipe think talk write. Dilihat dari hasil output
“Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 <
0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran
kooperative tipe think talk write terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa
kelas III SDN 091590 Serbelawan.