Abstract:
Penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD
Negeri 170179 Delitua dengan menerapkan model project citizen. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023 dalam 2 siklus yang
berlokasi di Jalan Medan Delitua Kecamatan Delitua Kabupaten Deliserdang
dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data peneliti
menggunakan lembar tes dan observasi. Hasil peningkatan keterampilan berpikir
kritis siswa dengan model project citizen pada siklus I dengan menggunkan tes,
persentase ketuntasannya sebanyak 39% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak
61%. Dari hasil observasi pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 39% dan
yang tidak tuntas sebanyak 71%. Siklus II dengan menggunakan tes, persentase
ketuntasan siswa sebanyak 79% dan siswa tidak tuntas sebanyak 21%. Hasil dari
observasi siklus II, persentase siswa yang tuntas sebanyak 75% dan siswa yang
tidak tuntas sebanyak 25%. Dapat dilihat peningkatan yang terjadi dari siklus I ke
siklus II dengan menggunkan tes sebenyak 40% dan menggunkan observasi
sebanyak 46%.