Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Kemandirian Belajar
Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 100670 Hutaimbaru.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang
berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V
yang berjumlah 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang memaparkan keadaan mengenai
terjadinya pengaruh antara dua variabel. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini dengan menggunakan angket, uji validitas dan uji reliabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian, kemandirian belajar memiliki hubungan terhadap
prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 100670 Hutaimbaru dengan nilai thitung
dibandingkan dengan ttabel (13,696>2,001) dengan hipotesis H0 ditolak dan Ha
diterima atau terdapat adanya antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar
pada siswa kelas V SD Negeri 100670 Hutaimbaru.