Abstract:
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media
interaktif berbasis canva dan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media
untuk siswa di kelas IV SD Al Washliyah Ampera II sebagai salah satu sumber
belajar dalam proses pembelajaran. Media ini disusun dengan menggunakan
metode penelitian pengembangan (Research & Development) model ADDIE yang
terdapat 5 tahapan dalam pengembangannya, yaitu (1) tahap analysis, (2) tahap
design, (3) tahap development, (4) tahap implementation, dan (5) tahap evaluation.
Namun pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap implementasi
dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Kevalidan media interaktif berbasis
canva merujuk pada hasil penilaian media oleh para ahli terhadap media yang
dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk media
interaktif berbasis canva diperoleh dari hasil analisis validasi ahli materi yaitu
96,4% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis dari validasi ahli desain media
diperoleh nilai 96,4% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis dari validasi ahli
bahasa diperoleh nilai 98,2% dengan kategori sangat valid. Analisa uji kepraktisan
yang dilakukan oleh para siswa menghasilkan nilai 90,6%. Berdasarkan analisis
kepraktisan oleh para siswa dapat di tarik kesimpulan bahwa media interaktif
berbasis canva sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.