Abstract:
Media Simantap adalah media informasi internal BPJS Kesehatan untuk
membagikan update kegiatan seluruh unit kerja BPJS Kesehatan termasuk kantor
cabang Medan . Media internal Simantap bertujuan untuk menciptakan komunikasi
internal yang kolaboratif dan inovatif antar pegawai atau yang disebut dengan Duta
BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran media
internal “Simantap” dalam membangun hubungan harmonis antar pegawai BPJS
Kesehatan kantor cabang Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Dengan Teknik analisis data meliputi pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan hasil penelitian. Pengguna
Simantap bisa mendapatkan berbagai informasi seperti, informasi mengenai
perusahaan baik dari kantor pusat maupun kegiatan tiap kantor cabang. Media
Simantap juga sebagai ajang untuk berbagi informasi terkini dan menarik,
berkreasi, berekspresi, berinovasi serta berkolaborasi. Karena media internal
Simantap masih terbilang baru, perannya untuk membangun hubungan kurang
optimal. Dan masih banyak diperlukannnya perbaikan dari segi pengelolaan
maupun website medianya itu sendiri.