Abstract:
Pendidikan adalah semua pengetahuan tentang belajar yang terjadi sepanjang hidup
di semua tempat dan situasi yang berdampak positif bagi pertumbuan setiap
individu. Kegiatan pembelajaran merupakan inti dari semua proses pendidikan di
sekolah. Kegiatan pembelajaran terjadi melalui interaksi antara guru dan siswa
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran yang mampu
memfasilitasi siswa untuk berdialektika yaitu metode Socrates karena memberikan
banyak kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa melalui
proses tanya-jawab. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran Socrates dapat meningkatkan dialektika dan Untuk mengetahui
bagaimana penerapan metode pembelajaran Socrates pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V SDN 01 Rantau Selatan. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penerapan
metode Socrates dapat meningkatkan Dialektika Siswa Kelas V SD Negeri 01
Rantau Selatan. Berhasilnya penerapan metode Socrates pada mata pelajaran PKN,
diketahui bahwa adanya peningkatan dialektika siswa dari siklus I ke siklus II. Pada
siklus I rata-rata hasil dialektika siswa adalah 69 Kategori sedang. Sedangkan hasil
dialektika siswa pada siklus II dengan rata-rata 76 atau dengan kategori Tinggi
Adapun persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada siklus sebesar
63%, sedangkan pada siklus kedua sebesar 90%