Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 31 MEDAN TA. 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author MUNTAZ, NABILA JIHAN
dc.date.accessioned 2023-11-14T08:13:06Z
dc.date.available 2023-11-14T08:13:06Z
dc.date.issued 2023-11-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21932
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, kurangnya penggunaan model pembelajaran pada saat pembelajaran oleh guru sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu bagaimana hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan, bagaimana hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan, dan bagaimana pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 31 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan, untuk mengetahui hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 31 Medan. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan. yang berjumlah 60 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Tes keterampilan Menganalisis yang berjumlah 20 Soal berbentuk isian yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 63,3 dan ratarata di kelas eksperimen sebesar 72,67 dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Dilihat dari hasil output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan. en_US
dc.subject Teams Games Tournament (TGT) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 31 MEDAN TA. 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account