Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaru model
pembelajaran probing-promting terhadap kecerdasan verbal siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 060800 Medan. Jenis penelitan ini
adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas VI sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah
Probability Sampling. Probability Sampling adalah teknik pengambilan sampel
yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsure (anggota) populasi untuk
dipilih menjadi anggota sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan
verbal sebelum menggunakan model pembelajaran probing-promting sangat
rendah. Kecerdasan verbal siswa setelah menggunakan model pemebelajaran
probing-promting mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil hitung SPSS
terlihat nilai signifikan tyang diperoleh adalah 0,037 < 0,05 maka terdapat
pengaruh penggunaan model pembelajaran Probing-Promting terhadap
kecerdasan verbal siswa kelas IV SDN 060800 Medan.