Abstract:
Al-Qur'an Hadits merupakan bagian dari mata pelajaran pendidikan
agama Islam yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis AlQur'an
dan Hadits dengan benar serta menghafal surat-surat pendek dalam AlQur'an,
mengenalkan makna atau makna sederhana dari surat-surat dalam AlQur'an
dan hadis untuk dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari
melalui teladan dan kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode writing in here and now terhadap hasil belajar siswa SMP
Swasta YP Utama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen
dengan desain penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP YP Utama Medan tahun pelajaran 2023/2024 yang
berjumlah 24 orang. Berdasarkan analisis yang dilakukan tingkat keberhasilan
belajar meningkat setelah diberikan perlakuan metode writing in here and now
dapat dilihat melalui nilai rata-rata pretest yaitu 51,45 dan posttest 89,79. Hasil
uji T terhadap data posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII
signifikan 001 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda, setiap test diambil
dari proses pembelajaran.