Abstract:
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk melihat
lingkungan internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal
yaitu peluang dan ancaman Agrowisata Padi Sawah Labura. Hasil analisis internal
Agrowisata Padi Sawah Labura terdapat kekuatan diantaranya suasana menarik,
biaya masuk murah, Agrowisata yang luas dan fasilitas yang memadai. Dan
kelemahan adalah akses mencapai lokasi wisata, promosi yang belum intensif dan
gencar, dan kemampuan tenaga kerja masih rendah. hasil analisis lingkungan
eksternal Agrowisata Padi Sawah Labura diperoleh peluang yaitu adanya kerja
sama dengan pihak lain, sesuai dengan kebijakan pemerintah yang dikeluarkan,
sesuai dengan kebutuhan manusia akan liburan, dan terdapat dukungan dari
masyarakat setempat. Ancaman yang terdapat pada Agrowisata Padi Sawah
Labura adalah pesaing yang sama, Keinginan para wisatawan untuk datang
kembali, dan perkembangan agrowisata lain yang mempengaruhi minat bagi
pengunjung.
Berbagai strategi alternatif Agrowisata Padi Sawah Labura yaitu strategi
S-O Melakukan pengembangan Agrowisata dengan cara menambah spot foto dan
wisata yang bervariasi dan terus melakukan peningkatan promosi, Strategi S-T
seperti lebih menampilkan keunikan ciri khas dan melalukan pengembangan
dengan mengikuti tren serta meningkatkan sistem pemasarannya, Strategi W-O
seperti optimalisasi Agrowisata dengan terus melakukan pengembangan serta
penguatan usaha dari Agrowisata itu, Strategi W-T yaitu menawarkan potongan
harga (discount) masuk ke agrowisata kepada pelanggan tetap dan memberikan
rasa kenyamanan bagi pengunjung.