Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi
produk dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan
pelanggan secara langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kausal. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara yang menggunakan produk wardah. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh berjumlah 100 orang Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
menggunakan analisis statistik dengan menggunkana uji Analisis Auter Model,
Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa secara langsung inovasi produk, kualitas produk dan kepuasan
pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangan, inovasi produk dan
kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara
tidak langsung inovasi produk dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan kosmetik wardah pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara