Research Repository

PENGARUH METODE BELAJAR AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Yuningsih, Trisna
dc.date.accessioned 2023-11-14T01:03:52Z
dc.date.available 2023-11-14T01:03:52Z
dc.date.issued 2023-11-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21884
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 12 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 12 Medan, dengan sample 22 siswa, terdiri dari 12 siswa lakilaki dan 10 siswa perempuan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan metode belajar aktif tipe index card match memperoleh nilai ratarata 59,09 dengan kategori rendah. Kemampuan pemahaman konsep matematika setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode belajar aktif tipe index card match memperoleh nilai rata-rata 86,36 dengan kategori tinggi yang membuktikan pembelajaran menggunakan metode belajar aktif tipe index card match dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh 0,05 sehinggi Ha diterima dan memiliki arti bahwa terdapat Pengaruh Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 12 Medan. en_US
dc.subject Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. en_US
dc.title PENGARUH METODE BELAJAR AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account