Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Belajar Aktif Tipe
Index Card Match terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Kelas II SD Muhammadiyah 12 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Muhammadiyah 12 Medan, dengan sample 22 siswa, terdiri dari 12 siswa lakilaki
dan
10
siswa
perempuan.
Dari
hasil
penelitian
ini
dapat
disimpulkan
bahwa
kemampuan
pemahaman konsep matematika sebelum dilakukan pembelajaran
menggunakan metode belajar aktif tipe index card match memperoleh nilai ratarata
59,09
dengan
kategori
rendah.
Kemampuan
pemahaman
konsep
matematika
setelah
dilakukan
pembelajaran
menggunakan
metode
belajar
aktif
tipe
index
card
match
memperoleh
nilai
rata-rata
86,36
dengan
kategori
tinggi
yang
membuktikan
pembelajaran
menggunakan metode belajar aktif tipe index card match dapat
meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil uji
hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) yang
diperoleh 0,05 sehinggi Ha diterima dan memiliki arti bahwa terdapat Pengaruh
Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Kemampuan Pemahaman
Konsep Matematika Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 12 Medan.