Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
ketersediaan produk, fasilitas terhadap minat beli ulang dengan kepuasan
pelanggan sebagai variabel intervening pada konsumen PT. Sumber Alfaria
Trijaya Tbk (Alfamart). Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang
berbelanja di Alfamart Muchtar Basri Medan. Teknik penentuan sampel
menggunakan metode lemeshow dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner Penelitian ini
menggunakan analisis statistik yakni Partial least square-structural equestion
model (PLSSEM). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan variabel ketersediaan
produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada variabel
ketersediaan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.
Pada variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Pada variabel fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
beli ulang. Pada variabel kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat beli ulang. Pada variabel ketersediaan produk melalui kepuasan
pelanggan sebagai variabel intervening tidak berpengaruh signifikan terhadap
minat beli ulang. Pada variabel fasilitas melalui kepuasan pelanggan sebagai
variabel intervening. tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang.