Abstract:
Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis bagaiman masjid berfungsi sebagai
fasilitas dalam Pendidikan Agama Islam yang terletak disekolah MAS Nahdhatul
Islam Mancang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat guna memperbaikikarter
siswa dengan menggunakan program-program yang telah tersedia. Fokus penelitian
ini adalah bagaimana manajemen sekolah dalam memfungsikan masjid sekolah untuk
pengembangan pendidikan agama islam, apakah manajemen sekolah sudah
memberikan pelaksanaan yang mampu mengembangkan masjid sebagai sarana untuk
pengembangan pendidikan agama islam. Dalam pelaksanaanya peneliti menggunakan
analisis deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas Vii MAS Nahdhatul
Islam Mancang. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu berupa observasi,
wawancara, dokumentasi yang diambil pada saat siswa melakukan pembelajaran
agama islam didalam masjid dan melakukan triangulasi untuk mencari keabsahan data
yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan manajemen yang
dilakukan oleh guru dan sekolah dalam memfungsikan masjid sebagai pengembangan
pendidikan agama islam tersebut berkembang dengan mengisi berbagai kegiatan
tambahan seperti pembelajaran tausyiah, hafalan al-qur’an, dan pelatihan tahsin.
Dengan adanya upaya manajemen sekolah dan upaya guru dalam memfungsikan
masjid sebagai pengembangan pendidikan agama islam dapat berpengaruh besar bagi
siswa disekolah tersebut dan terkhususnya pada kelas VII aliyah.selain dari segi
pembelajaran namun karakter siswa juga terbentuk lebih religious, lebih ber akhlakul
karimah.