Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyimak
menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan menggunakan media audio
cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian
ini adalah peserta didik kelas IV SD Terpadu Deli Insani yang berjumlah 31
siswa. Sumber data diperoleh dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu post test dan non test. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas. Dimana tindakan yang dilakukan terdapat dua
siklus dan empat pertemuan tatap muka persiklusnya. Dan prosedur penelitian ini
meliputi tahap (a) perencanaan (b) tindakan (c) observasi (d) refleksi.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan model pembelajan
Inquiry dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Peningkatan nilai rata rata kemampuan menyimak cerita pendek pada tindakan siklus I meningkat
sebesar 17,6% setelah dilakukan tindakan pada siklus II, dengan kondisi awal
nilai rata-rata 62,5% meningkat menjadi 80,1%. Sementara itu untuk ketuntasan
siswa juga mengalami peningkatan sebesar 41,9%, pada kondisi awal saat
dilakukan tindakan siklus I siswa yang tuntas hanya 41,9% atau sebanyak 13 dari
31 siswa yang tuntas, dan mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan
pada siklus II yaitu menjadi 83,8% atau sebanyak 26 dari 31 siswa yang tuntas.
Dengan demikian pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan
model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada
siswa kelas IV SD Terpadu Deli Insani.