Abstract:
Di era digital seperti saat ini, radio terus mengalami perkembangan yang pesat
untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Perkembangan yang dialami
oleh media radio tidak luput dari berkembangnya zaman dan teknologi, juga dari
suatu strategi perusahaan yang menuntut kecepatan dan kemudahan dalam
mengakses informasi. Perlu dilakukannya strategi program siaran yang tepat
untuk membuat radio tetap mampu bertahan pada massa saat ini. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi dan strategi dakwah
dalam program “Hikmah Sore” dalam memperoleh minat pendengar. Penelitian
ini menggunakan penelitian kualitatif dengan model field research.Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, metode
wawancara dan metode dokumentasi. Adapun Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Objek penelitian ini yaitu Radio Al-Fatih 107,3 FM. Hasil penelitian ini bahwa
secara umum strategi yang digunakan oleh Radio Al-Fatih adalah menyusun
strategi komunikasi dan strategi program. Penggunaan strategi program yang di
cetuskan oleh Peter Pringle yaitu perencanaan program, produksi program,
eksekusi rogram, pengawasan dan evaluasi program, turut digunakan oleh Radio
Al-Fatih 107,3 FM sebagai meningkatkan pendengar program yang lebih baik
lagi. Namun dari hasil penelitian penulis memberikan saran, agar Radio Al-Fatih
mebambah durasi program Hikmah Sore