Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan PT. Medan Bus Transport terhadap bus Trans Metro Deli dalam menjaga
eksistensi nya di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data
yang di peroleh berasal dari informan yaitu Bapak Jimmi Petrus Tamba sebagai
Kepala Bagian Operasional PT. Medan Bus Transport, sumber data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini menggunakan analisis data dengan metode kualitatif dimulai dengan
menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara,
pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan dan kemudian dokumentasi
pribadi melalui gambar dan foto. Adapun tahapan dalam proses analisis data yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
yang di peroleh dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran dan bauran
pemasaran sangatlah berperan penting di dalam sebuah perusahaan dalam menjaga
eksistensinya. Dalam hal ini, bus Trans Metro Deli selalu ada dan menjadikan nya
salah satu transportasi umum yang selalu digunakan oleh masyarakat di Kota
Medan.