Abstract:
Seiring perkembangan zaman, saat ini media sosial Instagram bukan lagi sekedar
media sosial pribadi untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan
penggunanya dapat mengambil foto, maupun video, menerapkan filter digital dan
membagikannya ke pengguna instagram lainnya maupun ke media sosial lain,
yang berkaitan dengan instagram itu sendiri. Kini instagram menjelma menjadi
media promosi dan pemasaran bagi para pelaku bisnis. ID Printing merupakan
perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, ID Printing turut memanfaatkan
media sosial instagram sebagai media promosi dan pemasaran untuk
meningkatkan rasa kepercayaan para pelanggan serta bertujuan menjangkau
khalayak lebih luas sehingga menjadikan ID Printing dikenali banyak orang dan
mendatangkan pelanggan baru. Hal ini tentunya berdampak pada peningkatan
omset perusahaan kedepannya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana strategi yang harus dilakukan dalam hal memanfaatkan media sosial
instagram sebagai media promosi dan pemasaran melalui konten, interaksi dengan
calon pelanggan, dan meningkatkan eksistensi akun ID Printing pada media sosial
instagram sehingga berdampak pada loyalitas pelanggan serta peningkatan
engagement akun tersebut. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif
peneliti melakukan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui
wawancara dan dokumentasi kepada narasumber. Penelitan ini tentu bermanfaat
untuk memberikan solusi serta menambah wawasan bagi ID Printing dan para
pelaku bisnis lainnya yang berkecimpung di media sosial instagram untuk
mengelola akun, memanajemen konten, menjalin interaksi dengan khalayak,
sehingga membuat akun instagram tersebut bisa dipercaya khalayak dan
mendapatkan respon positif bagi setiap pelanggan. Harapan kedepannya para
pelaku bisnis turut memanfaatkan media sosial instagram dengan menyajikan
beberapa konten yang bersifat mengedukasi pelanggan, promosi, interaktif, tidak
membosankan.