Abstract:
Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan individu dalam menunda-nunda
segala hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik mahasiswa secara sengaja dan
berulang-ulang. Prokrastinasi juga dapat dikatakan sebagai perilaku yang tidak
dapat dikontrol oleh indidvidu dalam hal mengerjakan tugas-tugas sekolah maupun
suatu pekerjaan sehingga mengakibatkan tertundanya suatu pekerjaan. Bimbingan
kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada
sejumlah individu dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk meningkatkan
segala potensi yang dimiliki sejumlah individu serta untuk memperoleh informasi
baru yang akan di bahas melalui pemberian contoh perilaku yang sesuai dengan
norma yang berlaku.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
penerapan layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik
ini adalah siswa VII SMP Negeri 9 Medan yang berjumlah 7 orang yang memiliki
perilaku prokrastinasi akademik yang cenderung tinggi. Pelaksanaan layanan
dilakukan dalam satu siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam
penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk
memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan
wawancara. Teknik analisi data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data
yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok
melalui teknik modeling yang di terapkan di kelas VII SMP Negeri 9 Tahun Ajaran
2022/2023 dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa.