Abstract:
MUHAMMAD AMDANI (1804300026) dengan judul Analisis
Kelayakan dan Strategi Pemasaran Bibit Tanaman Salak Madu (Salacca zalacca)
di CV. Sinar Ponti Tiga Juhar Farm Kabupaten Deli Serdang. Selama penelitian
penulis dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Sayed Umar, M.S. selaku ketua
komisi dan Ibu Khairunnisa Rangkuti, S.P., M.Si. selaku anggota komisi
pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pendapatan
usaha, untuk menganalisis kelayakan usaha, untuk menganalisis strategi
pemasaran bibit tanaman. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi
metode pengumpulan data primer yang dilakukan yaitu melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan melalui pimpinan,
karyawan, konsumen, dan lembaga yang ada di CV. Sinar Ponti Tiga Juhar
Farm. Hasil penelitian yang diapat yaitu Dari hasil analisis maka didapatkan nilai
perhitungan revenue of cost ratio total penerimaan sebesar Rp. 328.671.625,00
dibagi total biaya sebesar Rp. 266.744.375,00 maka didapat hasil sebesar 1,23 /
19 bulan dan dapat dikatakan bahwa usahatani bibit salak madu CV. Sinar Ponti
layak dan hasil nilai matriks SWOT sebesar X (0,566) dan Y (0,533) sehingga
strategi yang akan digunakan adalah strategi agresif. Strategi agresif ini lebih
focus SO (Strengths-Opportunities).