Abstract:
Dewasa ini, maraknya berbagai isu tentang islam di berbagai media menjadikan
pemahaman umat muslim terhadap islam lebih sadar dan terbuka, substansi produk halal
mulai digunakan di sebagian kalangan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup halal
(halal lifestyle) dipandang sebagai pola baru untuk 1,6 miliar penduduk muslim. Berbagai
produk halal bermunculan di pasar industri, melihat peluang pasar ini menjadikan
berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan merek produk yang berlabel
halal. HNI merupakan salah satu perusahaan yang terus tumbuh dan membesar. Maka
dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa serta menjadi
bahan pembelajaran bagi peneliti mengenai pola komunikasi organisasi HPAI dalam
memperkenalkan produk halal pada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif sehingga analisis bersifat uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif.
Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan Hasil
penelitian ini produk HPAI yang dikelola BC 9 Kota Medan sudah dapat memberikan
pemahaman dengan baik tentang kehalalan berbagai produk kepada masyrakat termasuk
merekrut anggota. Meskipun demikian, sebagai bisnis dan mempertimbangkan manfaat
produk hendaknya tidak hanya di kalangan umat muslim tetapi juga di kalangan
Masyarakat luas.