Abstract:
Periklanan atau advertising adalah bentuk kegiatan komunikasi nonpersonal yang
disampaikan lewat media dengan menyebar luaskan pesan komunikasi kepada
khalayak, Iklan diadakan untuk memberikan informasi dan membujuk. Iklan ini
bercerita tentang peserta didik baru Sekolah Menengah Atas (SMA) mengalami
“toxic masculinity” atau kasus perundungan oleh senioritas. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah mengetahui makna pesan dalam iklanlayanan masyarakat
“Ini Gak Lucu” melalui pendekatan Semiotika Roland Barthes.Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana meminimalisir kasus perundungan di senioritas
lingkungan sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Analisis data dalam Iklan ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis
semiotika Roland Barthes, Dimana analisis penelitian ini menekankan kepada
pencarian makna Denotasi, Konotasi dan Mitos. Hasil yang diperoleh peneliti
berkaitan dengan makna pesan dalam iklan layanan masyarakat “Ini Gak Lucu’
peneliti menemukan adanya makna pesan nilai kepedulian yang cukup baik
mengenai semua dukungan,dan terdapat tindakan saling memberikan suport dan
semangat untuk berani speak-up dan melakukan gerakan bersama agar tidak
melakukan perundungan terhadap remaja di lingkungan senioritas sekolah.