Abstract:
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas X di
SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif, yaitu
strategi penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk
meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan
instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan
untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan. Dalam penelitian ini, peneliti
membagi objek dan subjek yang diteliti menjadi Pre Test dan Post Test. Populasi
dala mpenelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 7 Medan. Sampel dalam
penelitian ini adalah 37 orang siswa. Dari hasil penelitian, analisis data dan
pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa
strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) siswa pada Pembelajaran
PPKN Materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI Kelas X SMAN 7
Medan sudah cukup baik. Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran PPKN Materi
Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI Kelas X SMAN 7 Medan sudah
semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari semakin kreatifnya siswa dalam
mempelajari PPKN dalam materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI.
Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel strategi pembelajaran curah
pendapat (brainstorming) (X) terhadap variabel hasil belajar siswa (Y), artinya
bahwa ada pengaruh atau hubungan yang searah antara strategi pembelajaran
curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa secara nyata.Jadi,
sekolah harus memperhatikan implikasi antara variable strategi pembelajaran
curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa.