Research Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di Kelas X SMA N 7 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Rani Hikma Yudi
dc.date.accessioned 2023-11-10T11:04:49Z
dc.date.available 2023-11-10T11:04:49Z
dc.date.issued 2023-08-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21756
dc.description.abstract Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas X di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif, yaitu strategi penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan. Dalam penelitian ini, peneliti membagi objek dan subjek yang diteliti menjadi Pre Test dan Post Test. Populasi dala mpenelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 7 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah 37 orang siswa. Dari hasil penelitian, analisis data dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) siswa pada Pembelajaran PPKN Materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI Kelas X SMAN 7 Medan sudah cukup baik. Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran PPKN Materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI Kelas X SMAN 7 Medan sudah semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari semakin kreatifnya siswa dalam mempelajari PPKN dalam materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) (X) terhadap variabel hasil belajar siswa (Y), artinya bahwa ada pengaruh atau hubungan yang searah antara strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa secara nyata.Jadi, sekolah harus memperhatikan implikasi antara variable strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Strategi Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di Kelas X SMA N 7 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account