Abstract:
Peran komunikasi organisasi dalam hal lain ini membantu kelancaran dalam
pekerjaaan tidak terkecuali di kantor balai desa yang dalam penelitian ini akan melihat
bagaimana mutu pelayanannya terhadap masyarakat, dimana biasanya banyak berita yang
mempersoalkan masalah pelayanan dan banyak prosedur yang harus dilalui. Suatu
pendekatan subjektif memandang organisasi sebagai kegiatan yang di lakukan orang orang terdiri dari tindakan-tindakan, interaksi, dan transaksi yang melibatkan orang orang. Peneliti merumuskan masalah dari latar belakang masalah di atas agar
memperjelas permasalahan yang di bahas yaitu, bagaimana proses komunikasi organisasi
di kantor Balai Desa Bandar Setia Percut Sei Tuan, adapun tujuan penelitian ini untuk
mengetahui peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di
kantor Balai Desa Bandar Setia, metode penelitian yang digunakan Peneliti menggunakan
metode penilitian deskriptif kualitatif sehingga dapat menghasilkan suatu data berupa
keterangan serta data yang dianalisis berbentuk deskriptif. Peneliti menggunakan 3 teknik
pengumpulan data yaitu Wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan
tahapan analisis seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar
semua hasil data yang terlebih dahulu dianalisis sesuai dengan kasus yang terjadi pada
kantor balai desa bandar setia percut sei tuan, hasil penelitian yang di peroleh
memberikan kualitas pelayanan yang cepat, transparan, dan berkualitas dengan
mencipatkan hubungan kerja yang baik antara atasan dan bawahan, maupun antara pihak pemberi pelayanan maupun pihak penerima layanan, dan hasil penelitan menunjukan
bahwa proses komunikasi organisasi pada kantor Balai Desa Bandar Setia berjalan
dengan baik sehingga mingkatkan kualitas proses pelayanan.