Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media
Stryboard pada pelajaran akuntansi dasar di kelas XI Akuntansi SMK GEMA
BUWANA, untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah
menggunakan media pembelajaran Storyboard berbasis komik digital pada kelas
XIAkuntansi SMK GEMA BUWANA dan untuk mengetahui respon atau pendapat
setelah menggunakan media pembelajaan Storyboard berbasis komik digital di
kelas XI Akuntansi SMK GEMA BUWANA..
Penelitian ini dilakukan Di SMK GEMA BUWANA yang beralamat Gg.
Adil, Sei Rotan, Kec.Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utarakode
pos 20371
Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 pertemuan. Dari hasil perhitungan
diperoleh thitung = 9,732 setelah membandingkan dengan ttabel pada dk = n-1=32-
1=31 taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,696 danternyata thitung > ttabel (9,732 >
1,696) maka HO ditolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya adalah
“terdapat pengaruh media pembelajaran Story Board terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Gema Buwana Medan”. Dari hasil
perhitungan dapat diketahui bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar
0,610. Hal ini berarti 61% variasi variabel motivasi belajar siswa (Y) ditentukan
oleh kedua variabel independen yaitu variabelmedia pembelajaran Story Board (X).
Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabellain yang tidak diteliti.