Research Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 08 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Indah Permata
dc.date.accessioned 2023-11-09T08:11:52Z
dc.date.available 2023-11-09T08:11:52Z
dc.date.issued 2023-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21740
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Berpikir Kritis Siswa dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan. Fokus penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil pemahaman berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 siswa di SD Muhammadiyah 08 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dikaji menggunakan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pembelajaran siklus I belum mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pemahaman berpikir kritis siswa pada siklus I yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 65 dengan persentase ketuntasan 38% dan nilai rata-rata siklus II pemahaman berpikir kritis siswa yang diperoleh sebesar 85 dengan persentase ketuntasan mencapai 81%. Peningkatan persentase siklus I ke siklus II terjadi peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran NHT pada berpikir kritis siswa meningkat. en_US
dc.subject Berpikir Kritis siswa, model pembelajaran NHT dan Bahasa Indonesia. en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 08 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account