Abstract:
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bertujuan
untuk mengetahui Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Berpikir Kritis Siswa
dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Pembelajaran Bahasa
Indonesia Di Kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan. Fokus penelitian ini adalah
aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil pemahaman berpikir kritis siswa. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 siswa di SD
Muhammadiyah 08 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dikaji menggunakan data yang
dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pembelajaran siklus I
belum mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pemahaman berpikir kritis siswa
pada siklus I yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 65 dengan persentase ketuntasan
38% dan nilai rata-rata siklus II pemahaman berpikir kritis siswa yang diperoleh
sebesar 85 dengan persentase ketuntasan mencapai 81%. Peningkatan persentase
siklus I ke siklus II terjadi peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran NHT pada berpikir kritis siswa meningkat.