Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan strategi komunikasi CSR Pertamina
Aceh Tamiang dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan bentuk
pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
komunikasi CSR Pertamina Aceh Tamiang dalam mewujudkan kesejahteraan
masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi,
strategi komunikasi, komunikasi CSR, pemberdayaan masyarakat dan
kesejahteraan masyarakat.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang dimana menggunakan objek penelitian melalui metode wawancara,
dokumentasi, dan observasi dan ada tiga alur kegiatan yaitu reduksi
data,penyajian data dan penarikan atau kesimpulan. Analisis data dilakukan
dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang
diperoleh melalui hasil penelitian dengan narasumber sebanyak 3 orang diantara
nya 1 orang CDO PT. Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, 1 orang Senior
Koordinator Lapangan PPMP PT. Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, serta 1
orang dari masyarakat binaan PT. Pertamina EP Asset 1Rantau Field. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi CSR PT. Pertamina EP
Asset 1 Rantau Field dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berada
di Aceh Tamiang dengan adanya sosial maping ataupun pemetaan yang dilakukan
dapat membantu serta memudahkan PT. PertaminaEP Asset 1 Rantau Field dalam
membuat strategi komunikasi CSR sehingga program CSR yang nantinya akan
dilaksanakan PT. Pertamina EP Asset 1 Field Rantau dapat berjalan dengan lancar
dan terkoordinasi. Beberapa kegiatan ataupun program CSR PT. Pertamina EP
Asset 1 Rantau Field dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat adalah
program CSR dalam bidang ekonomi, pertanian, kesehatan, sosial, dan
pendidikan. Dengan adanya program CSR yang diberikan PT. Pertamina EP Asset
1 Rantau Field masyarakat mendapatkan kesejahteraan dalam bentuk peningkatan
ekonomi dan peningkatan kualitas diri dan kemandirian sebagai salah satu SDM
di Aceh Tamiang dan PT. Pertamina mendapatkan citra baik di masyarakat,
penghargaan hingga proper awards.