Abstract:
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas
III pada mata pelajaran Matematika yang ditemukan di SD Negeri 020617 Binjai.
Penelitian ini dilakukan di Jl.Tanah Seribu, Kec. Binjai Selatan., Kota Binjai.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III dimana terdapat sampel
sebanyak 30 siswa. Instrument penelitian menggunakan tes tertulis berupa uraian
yang terdiri 10 soal, dimana 10 soal tersebut valid. Metode analisis yang digunakan
untuk mencari data dari uji validitas, reabilitas, standar deviasi, uji t, dan koefisien
determinan diuji dalam penelelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya metode
Numbered Heads Together (NHT) pada hasil belajar sebelum dan sesudah
menggunakan metode Numbered Heads Together untuk siswa kelas III SD.
Sebelum menggunakan metode Numbered Heads Together nilai rata-rata hasil
belajar siswa adalah 47,33% dan setelah menggunakan metode Numbered Heads
Together nilai rata-rata hasil belajar siswa 73,67%.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan taraf
signifikan 𝛼 = 0,05, diperoleh thitung sebesar 5,301 dengan ttabel sebesar 2,048 maka
hipotesis diterima dan besarnya pengaruh dari uji koefisien determinan R Square
sebesar 0,50,1 =50,1%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan terhadap metode Numbered Heads Together dan hasil belajar
siswa kelas III SD Negeri 020617 Binjai.