Abstract:
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic,
Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur
drama oleh siswa kelas XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun
Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik simple random
sampling dengan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA1 berjumlah 29 siswa dan
kelas kontrol yaitu kelas XI IIS berjumlah 27 siswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah postest only control design dengan instrumen tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis unsur-unsur drama
dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual,
Intellectual) memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,241 dengan kategori sangat
baik. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang memperoleh nilai 86-100 kategori
sangat baik sebanyak 26 orang (90%), dan siswa yang memperoleh nilai 76-85
kategori baik sebanyak 3 orang (10%). Selanjutnya, kemampuan siswa
menganalisis unsur-unsur drama menggunakan model pembelajaran konvensional
memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,556 dengan kategori cukup. Hal ini dapat
diketahui dari siswa yang memperoleh nilai 76-85 kategori baik sebanyak 5 orang
(20%), siswa yang memperoleh nilai 66-75 kategori cukup sebanyak 17 orang
(64%), dan siswa yang memperoleh nilai 46-65 kategori kurang sebanyak 4 orang
(16%). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 11,233. Harga 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔
dibandingkan dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan df = 𝑛1 + 𝑛2 - 2 = 54 maka
diperoleh 𝑡ta𝑏𝑒𝑙 = 2,000. Dengan kata lain, diketahui 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡ta𝑏𝑒𝑙 yaitu 11,233 >
2,000 maka 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan menganalisis unsurunsur drama oleh siswa kelas XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun
Pembelajaran 2022/2023.