Research Repository

P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N S A V I ( S O M A T I C, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author SUPRAPTO, KHOLILATUL MAIMANAH
dc.date.accessioned 2023-11-09T06:34:57Z
dc.date.available 2023-11-09T06:34:57Z
dc.date.issued 2023-09-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21719
dc.description.abstract Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur drama oleh siswa kelas XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA1 berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI IIS berjumlah 27 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah postest only control design dengan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis unsur-unsur drama dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,241 dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang memperoleh nilai 86-100 kategori sangat baik sebanyak 26 orang (90%), dan siswa yang memperoleh nilai 76-85 kategori baik sebanyak 3 orang (10%). Selanjutnya, kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur drama menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,556 dengan kategori cukup. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang memperoleh nilai 76-85 kategori baik sebanyak 5 orang (20%), siswa yang memperoleh nilai 66-75 kategori cukup sebanyak 17 orang (64%), dan siswa yang memperoleh nilai 46-65 kategori kurang sebanyak 4 orang (16%). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 11,233. Harga 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 dibandingkan dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan df = 𝑛1 + 𝑛2 - 2 = 54 maka diperoleh 𝑡ta𝑏𝑒𝑙 = 2,000. Dengan kata lain, diketahui 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡ta𝑏𝑒𝑙 yaitu 11,233 > 2,000 maka 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan menganalisis unsurunsur drama oleh siswa kelas XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Model pembelajaran SAVI, unsur-unsur drama en_US
dc.title P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N S A V I ( S O M A T I C, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account