Research Repository

Pengaruh Media Pembelajaran Kantong Ajaib Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD-IT Mardhiyah BInjai

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Diah Artha
dc.date.accessioned 2023-11-09T04:55:21Z
dc.date.available 2023-11-09T04:55:21Z
dc.date.issued 2023-08-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21704
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dan guru belum pernah menggunakan media pembelajaran kantong ajaib. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai di kelas kontrol, 2) untuk mengetahui keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai di kelas eksperimen, 3) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kantong ajaib terhadap keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai Tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran kantong ajaib, dan variabel terikatnya adalah keaktifan siswa. Instrumen penelitian ini dengan meggunakan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran kantong ajaib di kelas eksperimen yaitu 88,10. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan media pembelajaran kantong ajaib yaitu 75,78. Sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran kantong ajaib memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran kantong ajaib. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kantong ajaib berpengaruh terhadap keaktifan siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00. Dalam hal ini, nilai sig (2- tailed) yang diperoleh ˂ 0,05 atau 0,000 ˂ 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh media pembelajaran kantong ajaib terhadap keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai. en_US
dc.subject Media Kantong Ajaib, Keaktifan Siswa en_US
dc.title Pengaruh Media Pembelajaran Kantong Ajaib Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD-IT Mardhiyah BInjai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account