Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media
pembelajaran dan guru belum pernah menggunakan media pembelajaran kantong
ajaib. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keaktifan siswa kelas III SDIT
Mardhiyah Binjai di kelas kontrol, 2) untuk mengetahui keaktifan siswa kelas III
SDIT Mardhiyah Binjai di kelas eksperimen, 3) untuk mengetahui pengaruh media
pembelajaran kantong ajaib terhadap keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah
Binjai. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai Tahun
ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media
pembelajaran kantong ajaib, dan variabel terikatnya adalah keaktifan siswa.
Instrumen penelitian ini dengan meggunakan lembar observasi. Teknik analisis data
penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan
uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberi perlakuan
menggunakan media pembelajaran kantong ajaib di kelas eksperimen yaitu 88,10.
Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan media
pembelajaran kantong ajaib yaitu 75,78. Sehingga siswa yang mendapat perlakuan
dengan menggunakan media pembelajaran kantong ajaib memiliki rata-rata lebih
tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran kantong
ajaib. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kantong ajaib
berpengaruh terhadap keaktifan siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent
t-test) diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00. Dalam hal ini, nilai sig (2-
tailed) yang diperoleh ˂ 0,05 atau 0,000 ˂ 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Artinya terdapat pengaruh media pembelajaran kantong ajaib terhadap keaktifan
siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai.