Abstract:
Tujuan penelitian bertujuan untuk menganalisis beberapa hal yaitu pengaruh
perceived risk terhadap consumer buying decision, pengaruh perceived risk
terhadap online trust, pengaruh online trust terhadap consumer buying decision
dan pengaruh perceived risk terhadap consumer buying decision melalui online
trust. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan sampel
sebanyak 100 responden yang merupakan Mahasiswa Universitas Swasta di Kota
Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan seperti
kuesioner dan teknik analisis data menggunakan Path Analysis serta untuk
menguji empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan
aplikasi Partial Least Square (SmartPls). Hasil penelitan menunjukan bahwa
pengaruh perceived risk terhadap consumer buying decision positif dan signifkan,
pengaruh perceived risk terhadap online trust positif dan signifikan, pengaruh
online trust terhadap consumer buying decision positif dan signifikan, pengaruh
perceived risk terhadap consumer buying decision melalui online trust positif dan
signifikan (artinya online trust memediasi pengaruh perceived risk terhadap
consumer buying decision).