Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Penetapan
Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Pada Travel
Umroh dan Haji Mahmud Harahap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jamaah Travel
Umroh dan Haji Mahmud Harahap dan sampel yang digunakan sebanyak 91 orang
dengan menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Metode
analisis pada penelitian ini adalah uji validitas dan realibilitas data, uji normalitas,
uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien linier
determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penetapan Harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Jamaah. Hasil perhitungan
yang telah dilakukan nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 2,591 > 1,987 dengan nilai
signifikansi 0,020 < 0,05, yang menunjukkan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima.
(2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan
Jamaah. Hasil perhitungan yang telah dilakukan nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 2,355
> 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa 𝐻0
ditolak dan 𝐻2 diterima. (3) Secara simultan diketahui bahwa Penetapan Harga dan
Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Jamaah Umroh dan
Haji pada Travel Umroh dan Haji Mahmud Harahap dengan angka signifikansi
𝐹β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (26,583 > 3,14). (4) Berdasarkan uji determinasi koefisien
menunjukkan bahwa nilai R-square sebesar 0,929 atau 92,9% hal itu menjelaskan
bahwa variabel bebasnya yaitu Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan
mempengaruhi Kepuasan Jamaah Umroh dan Haji pada Travel Umroh dan Haji
Mahmud Harahap. Sedangkan sisanya 7,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.