Abstract:
Bandar udara merupakan salah satu tempat terjadinya interaksi manusia dalam hal
pergerakan barang atau penumpang dengan menggunakan muatan pesawat udara
baik dari transit bepergian, keberangkatan, maupun kedatangan. Tugas akhir ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan fasilitas bandara berdasarkan
Peraturan Dirjenhubud 2005 no SKEP/77/VI/2005 dan peresepsi penumpang
pengguna moda transportasi udara terhadap pelayanan fasilitas bandar udara
Binaka Gunungsitoli. Adapun metode yang digunakan dalam analisis penelitian
ini meliputi observasi, pengumpulan data primer dan sekunder, wawancara serta
analisis dan pengolahan data. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kebutuhan
fasilitas Bandara Binaka antara lain fasilitas hall keberangkatan 279 m², ruang
tunggu keberangkatan 200 m2, check-in counter 5 buah, check-in area 34 m²,
tempat duduk 41 buah, toilet terminal keberangkatan 27 m2, baggage conveyor
belt 20 m2, baggage claim area 123 m², hall kedatangan 235 m2 dan toilet
terminal kedatangan 25 m². Sebagian besar kebutuhan fasilitas bandara Binaka
telah
memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Dirjenhubud 2005 no
SKEP/77/VI/2005. Pada ketersediaan fasilitas bandara berdasarkan persepsi dan
harapan penumpang terdapat 13 pertanyaan yang memiliki nilai tingkat
kesesuaian lebih besar dari nilai rata-rata ( > 84,67%) yang dianggap sudah sesuai
menurut kepentingan penumpang dan terdapat 17 pertanyaan yang memiliki
tingkat kesesuaian lebih kecil dari nilai rata-rata ( < 84,67%) yang dianggap
belum sesuai dengan kepentingan penumpang.