Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi melalui
media film animasi terhadap kesehatan mental pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri
1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini
menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu one group pretest dan
posttest design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IIS 2 dengan jumlah sampel
sebanyak 33 siswa yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan instrument angket sebagai alat ukur dan menggunakan
uji validitas, uji reabilitas, dan uji paired T test. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan: 1) terdapat perbedaan kesehatan mental siswa sebelum diberikan
layanan informasi melalui media film dengan hasil skor pretest menunjukan bahwa
kesehatan mental siswa dengan nilai skor kategori rendah. 2) terdapat perbedaan
kesehatan mental siswa sesudah diberikan layanan informasi melalui media film
dengan hasil skor pretest menunjukan bahwa kesehatan mental siswa dengan nilai
skor kategori tinggi. 3) terdapat pengaruh peningkatan layanan informasi melalui
media film menggunakan uji paired T test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000
< 0.05 dan perbedaan nilai rata-rata pretest dan Perbedaan nilai rata-rata pre test
89.6667 > dari nilai rata-rata post test 125.5758 yang menunjukkan adanya
perbedaan yang signifikasi antara pre test dan post test, maka Maka Ho ditolak dan
Ha diterima yang artinya adanya Pengaruh Layanan Informasi Melalui Media Film
terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas XI IIS SMA Negari 1 Binjai Kabupaten
Langkat Tahun Ajaran 2022/2023.