Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses penguatan literasi
budaya dan kewargaan siswa melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan
di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sumber Rejo,
(2) mendeskripsikan apa saja faktor pendukung yang menguatkan literasi budaya
dan kewargaan di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif yaitu analisis data dalam bentuk kata-kata, kalimat
atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriftif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar
observasi literasi budaya dan kewargaan serta lembar wawancara kepada kepala
sekolah, guru PKn, guru Pembina ektrakurikuler dan siswa. Teknik analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan verifikasi atau penarikkan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses penguatan literasi
budaya dan kewargaan melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di
kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sumber Rejo
mampu menguatkan proses literasi budaya dan kewargaan yang dapat membentuk
siswa agar memiliki kemampuan untuk memahami keberagaman dan tanggung
jawab sebagai warga negara serta mampu tidak hanya menyelamatkan dan
mengembangkan budaya nasional, tetapi juga membangun identitas bangsa
Indonesia di tengah masyarakat global. (2) Faktor pendukung yang menguatkan
literasi budaya dan kewargaan siswa melalui mata pelajaran pendidikan
kewarganegraan di sekolah diantaranya lingkungan masyarakat, lingkungan
sekolah dan materi pembelajaran.