Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi layanan
bimbingan kelompok terhadap peningkatkan moral siswa SMP Negeri 9 Medan
Tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
eksperimen kuasi dengan melihat perubahan data penelitian antara sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 97 siswa kelas
VIII kemudian teknik penarikan sampel menggunakan purposive random sampling
sehingga sampel sebanyak 8 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen
angket dengan model skala Likert. Hasil uji validitas instrumen menghasilkan
sebanyak 27 item yang valid dan reliabilitasnya 0,875. Data penelitian dianalisis
menggunakan Pearson Product Moment Correlation.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh
dari tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan besarnya hasil uji
hipotesis dengan uji Product Moment Correlation diperoleh luaran sebesar r =
0,431 dengan nilai Asymp.Sig. = 0,000 (2-tailed) lebih kecil dari < 0.005, maka Ha
diterima. Disini terdapat koefisien korelasi positif yang artinya 8 siswa mengalami
kenaikan skor kecerdasan moral siswa dari nilai Pre Test ke nilai Post Test. Selisih
peningkatan Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 6,5,
koefisien korelasi 0,431 dengan tingkat keberpengaruhan sebesar 43,1 % dan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok teknik sosiodrama dapat
memberikan pengaruh terhadap peningkatan moral siswa SMP Negeri 9 Medan
Tahun 2022/2023.