Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III
SDIT Mardhiyah Binjai melalui media kaca (kartu pecahan). Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas III yang berjumlah 21 orang
siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah pembelajaran matematika
materi pecahan sudah dilakukan dengan menggunakan media kaca (kartu pecahan).
Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes dan observasi. Data yang
terkumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan
deskriptif kualitatif. Perkembangan pembelajaran siswa pada siklus I dan II
menunjukkan kemajuan. Tingkat ketuntasan pra siklus dengan nilai rata-rata 31,5%.
Sementara itu tingkat ketuntasan kegiatan pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar
79%, akan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai KKM. Pada
siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 99,3%. Berdasarkan hasil penelitian,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kaca (kartu pecahan) dapat
meningkatkan hasil belajar matematika di SDIT Mardhiyah Binjai.