Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Game Scrabble
Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri 104280 Desa
Pulau Gambar Kab. Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif
dengan Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD Negeri 104280 Desa
Pulau Gambar Kab. Serdang Bedagai yang berjumlah 28 siswa. Teknik
pengambilan Sampel yaitu Total Sampling yang dimana seluruh anggota
populasi digunakan sebagai sampel. Hasil Nilai rata-rata yang diperoleh
kelas pre-test adalah 53.10 sedangkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh
kelas post-test adalah 77.35Teknik pengambilam data menggunakan uji
Mann-Whitney U Test pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-
tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0
ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara pretest dan posttest Keterampilan Membaca
Siswa Kelas IV SD Negeri 104280 Desa Pulau Gambar Kab. Serdang
Bedagai. Hasil perhitungan presentase antara nilai pretest & posttest
didapatkan klasikal yaitu 48%.